Cara Memilih Nama Domain

| March 30, 2012 | 1 Comment

Tips Cara Memilih Nama Domain

cara memilih nama domainBagi yang sudah lama terjun di internet marketing pasti sudah tahu memilih nama domain adalah faktor awal bagus atau tidaknya sebuah blog. Karena kenapa? Nama domain yang tepat dapat membuat si empunya website atau blog akan bekerja lebih ringan untuk blognya agar muncul di search engine, terutama bagi yang membidik page 1 google atau bahkan ranking 1 google untuk keyword tertentu. Jadi bagaimana sih cara memilih nama domain yang baik?

Saya mencoba share apa yang saya tahu dan sekedar memberi tips memilih nama domain yang baik. Tips yang saya berikan ini sedikit banyak mungkin lebih cocok bagi yang baru belajar internet marketing yah. Untuk yang sudah lama bergelut di IM boleh comment apabila ada yang mau di tambahkan.

Ok, Tips Cara Memilih Nama Domain bagian 1

Riset dulu kata kunci yang anda bidik, jangan asal bidik kata kunci tanpa tahu saingan dan pencarinya berapa. Ingat ini adalah factor krusial apabila anda ingin blog yang anda buat tidak sia sia. Anda bisa riset dengan menggunakan free keyword tools  seperti Google Keyword Tools. Dan ini lah yang saya biasa lakukan. Walaupun banyak tools untuk riset saya miliki, tapi berlama-lama di depan komputer membuat saya lebih nyaman dan yakin.

Nah untuk tahap 1, kalau anda pemula sebaiknya anda mulai dengan keyword yang pencarinya lumayan dalam artian sesuai dengan target yang anda bidik. Untuk awal saya menyarankan anda untuk mencoba pencarian dengan minimal 1000 exact match. Kalau lebih banyak bagaimana? Tentunya sangat baik apabila saingannya mudah. Usahakan jangan cari yang lebih dari 1000 searchers dengan exact match.

Ok..Lalu bagaimana dengan saingannya? Dalam cara memilih nama domain yang baik, keyword yang anda bidik haruslah mempunya saingan yang kecil, apalagi bagi anda yang baru,kenapa? Karena saingan mudah akan meringankan kerja kita untuk website kita bisa muncul di halaman 1 google. Nah kriteria mudah itu seperti apa?

Pengalaman saya, mudah itu biasanya di bawah 10.000. Caranya bagaimana? Mudah sih dan semuanya bisa dilakukan secara manual dan gratis. Coba anda buka google, kalau yang anda bidik adalah target local atau Indonesia misalnya, coba anda buka google.co.id lalu ketikkan allintitle:keyword. Ganti keyword ini dengan keyword yang anda bidik. Nah lihat di bawah ada angka berapa, itu lah angka saingannya. Kalau di bawah 10.000 anda bisa ambil tuh keyword untuk dijadikan nama domain.

Tips  Cara Memilih Nama Domain bagian 2

Nah jika keyword yang anda bidik sudah didapat, anda tinggal menentukan TLD yang mau digunakan. TLD adalah Top Level Domain. Sebaiknya TLD yang anda gunakan hanya 3 yaitu .com, .net atau .org. Kalau yang lain memangnya kenapa? Entah kenapa google lebih mudah meranking domain dengan 3 TLD tersebut di atas. Dan biasanya orang juga lebih familiar dengan 3 TLD tersebut. Coba saja anda posisikan diri anda dalam hal ini. Kalau anda mau mengunjungi toko bagus misalnya. Pasti sudah di dalam benak anda akan mengetikkan tokobagus.com. Pasti jarang sekali memikirkan untuk mengetikkan di browser tokobagus.info atau tokobagus.xxx.

Nah itulah Tips Awal cara memilih nama domain yang baik. Untuk Tips lainnya Insya Allah saya akan coba buat lagi dengan judul yang berbeda. Sekarang giliran anda untuk praktek dan coba cara memilih nama domain dari saya ini. Tanpa praktek kita tidak tahu hasilnya bagaimana.

Share it now!

Tags: cara memilih nama domain, cara menentukan nama domain, internet marketing, memilih nama domain, tips memilih nama domain

Category: Nama Domain

Comments (1)

Trackback URL | Comments RSS Feed

  1. Jefry says:

    Syukurlah tld yang saya pakai adalah .net dan semoga bisa membantu blog saya mendapat posisi yang bagus di google
    terima kasih atas penjelasannya, sekarang makin banyak tahu soal pemilihan nama domain yang bagus

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*