Cara Buat Artikel Yang Baik

| July 14, 2012 | 2 Comments

Bagaimana Cara Buat Artikel Yang Baik Untuk Blog

Mempunyai blog memang menyenangkan dan juga bisa membuat bangga pemilikinya. Apalagi mempunyai blog yang banyak pengunjungnya, dan semua pada suka dengan isi dari blog kita. Tapi jangan salah loh, untuk mencapai itu semua ngga gampang ternyata. Banyak orang yang mengunjungi suatu blog tetapi isinya tidak seperti harapannya. Isi dari blog atau yang biasa kita sebut artikel, banyak yang ngasal. Artikel yang dibuat tidak memberikan benefits kepada pembacanya. Nah oleh karena itu kita harus mengerti bagaimana cara buat artikel yang baik untuk blog kita. Jadi bagaimana caranya? Ok, kita bahas sedikit yah.

Blog yang kita buat seharusnya mempunyai artikel yang sangat berguna bagi pembacanya. Jadi pengunjung yang datang ke blog kita suka untuk berlama-lama di blog kita untuk mengeksplore isi dari blog kita. Nah jika pengunjung saja suka sama blog kita apalagi search engine semacam google. Google akan memandang blog kita baik dilihat dari lamanya pengunjung yang mengunjungi blog kita, atau biasa disebut bounce rate. Semakin kecil bounce rate kita maka semakin bagus di mata google.

Nah untuk membuat pengunjung betah berlama-lama di blog kita, antara lain jalan yang bisa kita lakukan adalah membuat artikel yang memberikan benefits kepada pengunjung. Artikel yang bermanfaat itu seharusnya tidak hanya di buat hanya dalam beberapa kalimat saja. Usahakan dan biasakan membuat artikel yang panjangnya minimal 500 kata. Semakin panjang akan semakin bagus, karena akan lebih membuat pengunjung berlama-lama di blog kita. Sebenarnya ada beberapa cara membuat pengunjung berlama-lama di blog kita. Tapi sekarang kita tidak sedang membahas itu melainkan bahasan yang kita kupas yaitu cara buat artikel yang baik untuk blog kita.

Cara Buat Artikel Yang Baik Berdasarkan Topik Blog

Artikel yang baik seharusnya kita buat sesuai dengan topik dari blog kita. Jangan sampai artikel yang kita buat melenceng jauh dari topik utama blog kita. Jika blog kita membidik topik tentang internet marketing, jangan sampai isi dari artikel kita kebanyakan tentang kesehatan atau tentang sepak bola misalnya. Ini akan membuat blog kita tidak mempunyai identitas. Istilahnya lebih baik kita buat blog yang membidik niche yang spesifik. Jangan buat blog yang topiknya melebar jika kita tidak tahu apa yang kita tuju nantinya.

Artikel yang kita buat untuk blog kita juga sebaiknya saling berhubungan satu sama lain. Ini akan memudahkan kita dalam membuat internal link terhadap artikel satu dengan artikel yang lainnya. Hal ini juga nantinya akan menguatkan blog kita di mata search engine.

Lalu Bagaimana Cara Buat Artikel Yang Baik Untuk Blog Affiliate

Blog affiliate itu sedikit susah loh untuk artikelnya. Dalam artian kalau artikelnya ngasal, nanti tujuan blog itu dibuat yaitu untuk mendapatkan sales akan lebih sulit. Tapi pada dasarnya artikel yang kita buat untuk blog affiliate juga sedikit banyak tidak jauh berbeda dengan blog lain pada umumnya.  Pada awal paragraph dari artikel itu usahakan di buat artikel yang memberikan benefits atau manfaat kepada pembacanya. Buat artikel yang dapat mempengaruhi pikiran pembacanya, sehingga si pembaca artikel kita ingin tahu lebih lanjut dari artikel tersebut. Nah jika sudah didapati kepercayaan dari si pembaca melalui artikel yang kita buat, barulah kita kasih solusi dari permasalahan yang ada yang di punya oleh si pembaca. Melalui solusi itu juga kita bisa arahkan ke produk yang kita jual. Dengan mendahulukan awal artikel yang memberikan benefits dan solusi bagi pembaca, maka kita akan lebih dipercaya untuk menjual produk yang ingin kita promosikan.

Nah, apakah anda sudah mengerti cara buat artikel yang baik untuk blog anda? Coba praktekan deh, dan lihat hasilnya.

Share it now!

Tags: cara buat artikel, cara buat artikel yang baik, cara membuat artikel, internet marketing, membuat artikel yang baik

Category: Penulis Artikel

Comments (2)

Trackback URL | Comments RSS Feed

  1. puput says:

    thanks sob buat sharenya tapi kadang kalo kita bikin artikel terlalu panjang malah bisa membuat pembaca kita jenuh buat membacanya yang penting isinya padat jelas dan menarik tidak harus panjang
    salam kenal

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *