Belajar SEO Off Page

| July 14, 2012 | 0 Comments

Mulai Belajar SEO Off Page

Pernah mengalami ga sih? Dah rajin update blog setiap hari tetapi masih aja halaman post dari blog kita ngga nongol di halaman 1 google. Kebayang ga sia – sianya artikel yang kita buat. Karena anda pasti tahu jika ngga nongol di halaman 1 google, traffic pasti ngga ada. Setiap blogger pasti mentargetkan kalau artikel yang dia posting di blognya masuk di halaman 1 google. Syukur-syukur kalau bisa nangkring di rangkin 1 – 3. Nah untuk mewujudkannya itu semua kita harus mengerti onpage optimization dan off page optimization atau optimasi onpage dan optimasi offpage. Dan Optimasi di blog saja atau on page saja ternyata tidak cukup buat membawa blog kita berada di halaman 1 google. Terutama bagi blog yang membidik keyword yang lumayan sulit.

Kita juga harus belajar seo off page untuk menolong blog kita agar bisa masuk halaman satu search engine terutama google. Lalu apa sih sebenarnya off page optimization dan apa yang harus kita lakukan di off page optimization?

Off page optimization adalah optimasi blog dimana kita membutuhkan backlinks dari luar blog kita yang membidik keyword tertentu yang kita targetin. Sederhananya adalah ada link dari website lain yang mengarah ke blog kita dengan kata kunci tertentu yang kita bidik.

Dan Off page ini bagi yang awan akan di rasa sangat susah dan melelahkan.Oleh karena itu sebelum mengerjakannya kita harus belajar seo off page terlebih dahulu. Dan itu membutuhkan konsistensi lebih terutama untuk pemahaman apa saja yang harus kita lakukan.

Belajar SEO Off Page Ala Saya

Lalu apa yang harus dilakukan setelah kita lakukan posting artikel ke blog kita. Saya sebenarnya tidak jago – jago amat soal off page optimasi. Tapi sedikit banyak yang saya kerjakan untuk off page sering membantu blog saya untuk masuk halaman 1 google, bahkan ranking 1 google. Jadi ketika habis posting yang biasa saya lakukan adalah sharing halaman artikel itu ke social media seperti facebook. Tetapi saya submit bukan lewat wall saya atau time line saya. Tetapi saya submit halaman artikel tersebut via fan page dari blog itu. Kalau blog tersebut tidak punya fan page tidak masalah kalau submit ke facebooknya via time line kita. Ini untuk mendapatkan backlinks dari facebook. Dan facebook itu mempunyai Page Rank yang cukup tinggi yaitu 9. Artinya di mata google, facebook itu sangat credible. Anda juga bisa melakukan hal yang sama ke twitter,pinterest dan social media lainnya.

Lalu setelah submit ke social media yang saya lakukan adalah submit kembali halaman artikel tersebut ke social bookmarking site, seperti dig, delicious dan lain – lain. Namun sekarang saya ngga melakukan secara manual karena cukup melelahkan. Saat ini saya menggunakan Social Monkee untuk submit halaman artikel saya ke 100 social bookmarking sites. Hal ini juga dapat berfungsi agar halaman blog tersebut cepat terindeks oleh google.

Untuk tahap ini biasanya blog saya anggurkan dulu halaman postingnya. Setelah 3 hari sampai 1 minggu baru deh saya mulai member backlink ke halaman artikel tersebut. Dan backlink yang saya lakukan ada bermacam variasi backlink. Karena google ternyata sangat suka jenis backlink yang berbeda- beda. Backlink yang biasa saya lakukan juga harus secara rutin dan konsisten dan juga dengan volume backlink yang wajar dan teratur. Dalam artian, jangan pada hari ini anda membuat 1000 backlink dan besoknya langsung stop, dan baru anda kerjakan 2 minggu lagi dengan 1000 backlink lagi. Lebih baik anda membuatnya secara pas dan teratur tiap hari.

Tentu ini akan sangat memakan waktu anda. Dan karena masalah ini pula saya lebih suka menggunakan tools untuk membantu backlinks project saya. Walaupun saya juga masih melakukan yang manual.

Lalu jenis backlink apa saja sih yang bisa saya kerjakan? Berikut daftar backlinks yang biasa saya lakukan :

  1. Web 2.0 submission, yaitu backlink dari website 2.0 seperti blogger, wordpress, typed, live journal dan lain – lain. Untuk List lengkapnya bisa anda lihat disini.
  2. Blog comment high PR Pages, yaitu melakukan blog comment di halaman blog yang mempunyai page rank tinggi. Untuk mencari halaman blog yang mempunyai page rank tinggi cukup sulit jika tidak tahu caranya.
  3. Forum Profile Link, Profile link saya lakukan Cuma dari forum yang mempunyai page rank tinggi.
  4. Link Wheel dengan SEnukex
  5. Article Marketing Submission, dan untuk hal ini pun saya biasanya melakukannya dengan menggunakan tools seperti Article Marketing Robot
  6. Wiki Submission atau cari backlinks dari wiki site. Karena ini pun cukup melelahkan, saya juga biasa melakukannya dengan tools.

Pekerjaan backlinks memang sangat menyita waktu, tetapi jika anda males melakukannya sendiri anda bisa kok membayar jasa orang lain untuk melakukannya. Dan saya juga mempunyai website yang menjual jasa backlink seperti ini loh.

Jangan lupa lihat – lihat yah..hehehe promosi nih.

ð  http://JasaSeoMurah.org

Tapi walaupun sulit, belajar seo off page bisa kok melakukannya sendiri, yang penting anda ngerti polanya saja dan tahu backlink yang bagus buat blog kita itu yang mana. Jangan sampai akibat backlinks yang salah, blog kita jadi rusak di buatnya. Jadi jangan ragu untuk belajar seo off page.

Share it now!

Tags: belajar seo, belajar seo off page, belajar seo untuk pemula, seo off page

Category: Belajar SEO

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *